Senin, 25 Juni 2012

Harga Diri Demi Cinta


Hidup menyimpan berjuta misteri yang tanpa sadar telah kujalani selama ini, ada yang menyatakan bahwa  kehidupan didunia ini sangat singkat. Singkat bagi orang-orang yang menjalaninya dengan pilihan yang salah, namun hidup ini terasa panjang dan indah jika dijalani dengan pilihan yang tepat. Dalam kehidupan ini ada keceriaan, kesedihan, permusuhan, dendam dan cinta. Aku diberikan kehidupan hanya untuk bertaqwa kepada-Nya.
Tapi ternyata aku juga diberi kehidupan untuk mencintai dan dicintai oleh seseorang. Saat ini aku sedang bermain dengan cinta yang membuat keresahan dalam jiwaku. Ingin rasanya lepas dari keresahan dengan menjauhi cinta, namun itu tak mungkin. Semakin aku menghindar maka keresahan itu semakin nampak. Ingin kujalani namun tak mengerti apa  sebenarnya arti dari cinta itu sendiri. Hanya kurasakan sesuatu yang lain dari biasanya. Jantungku yang berdetak tak semestinya membuat aku panik dan resah dalam ketidak pastiaan cinta.
 Ada banyak yang tidak dapat dimengerti dalam hidup ini. Wanita yang selalu menjaga harga dirinya demi cinta harus menderita karena harga diri itu telah menginjak-injak perasaan yang mereka miliki. Ingin menyatakan cinta namun takut tuk dicemoh oleh orang lain tentang harga diri yang dimilikinya. Kenapa rasa malu dan harga diri selalu mebatasi perasaan. Sedangkan perasaan itu selalu muncul dan membuat dada sesak. Seorang putri yang jatuh cinta kepada  rakyat biasa tak mampu mengungkapkan perasaannya hanya karena harga dirinya sebagai serorang putri kerajaan. Dalam cinta tak berlaku derajad ataupun kedudukan, namun dalam cinta, harga diri berlaku bagi seorang wanita yang mengharuskan seorang putri meninggal dengan membawa perasaan dan rasa penasaran akan cinta yang tak dapat diungkapkannya.
 Apakah  harga diri itu masih berlaku saat ini? Apakah wanita memang ditakdirkan untuk duduk dan menunggu datangnya cinta yang akan ditawarkan oleh seorang pria? Ataukah mungkin takut akan rasa sakit yang ditimbulkan oleh cinta? Sesungguhnya dalam cinta tidak dituliskan siapa yang harus mengungkapkan perasaan itu terlebih dahulu. Namun ungkapkanlah dan berbahagialah jika cinta itu muncul dihatimu. Perasaan cinta terasa indah namun akan menyakitkan jika hanya dapat dipendam dan dirasakan sendiri, maka bagilah perasaan itu kepada orang yang tepat untuk mendapatkan cinta itu.
 Tak perduli apa kata orang tentang perasaan yang telah ada, karena perasaan itu bukan suatu aib yang harus ditutupi oleh rasa malu dan harga diri, dan perasaan itu bukan sebuah lukisan yang hanya dapat diukir dalam hati. Tapi perasaan itu adalah jalan hidup untuk memperoleh kebahagian.
 Seorang gadis yang slama ini memiliki perasaan namun tak dapat terungkapkan karena harga dirinya sebagai wanita,  kini cinta yang ada didepan matanya akan pergi menimbulkan sebuah kenangan pahit hanya karena perasaan kasihan, rasa bersalah, rasa malu dan harga diri seorang wanita yang selalu dipertahankannya. Apakah wanita itu harus tetap duduk dengan harga dirinya melihat kebahagian itu pergi tanpa menoleh sedikitpun?  Ataukah hanya terbaring dengan meneteskan air mata penyesalan akan perginya cinta yang ia nantikan kehadirannya.
 Walaupun pada akhirnya cinta itu akan berakhir dengan kepedihan dan rasa sakit yang mendalam, namun kita harus tetap bangga karena kita masih memiliki perasaan cinta. Walau pintu yang satu telah tertutup tapi pintu kebahagian yang lain akan dibukakan. Dan janganlah berlayar kesamudra cinta jika kau membawa seluruh harga diri yang kau miliki kedalam perahumu. Karena harga diri yang terlalu banyak akan menenggelamkanmu kedalam lautan cinta yang entah kapan akan surut.
Ungkapkan perasaan itu walaupun kodratmu adalah seorang wanita, karena ketulusan cinta akan menepis seluruh anggapan yang membakar telinga, dan membungkam semua perkataan yang keluar dari mulut orang-orang yang tak mengerti akan arti perasaan cinta. Seluruh pertanyaan tentang perasaan cinta, rasa rindu akan tertuang lewat ungkapan kasih sayang yang disertai dengan ketulusan hati dan akan nampak kebahagian, senyum, dan keceriahan  yang akan melapisi hitamnya awan mendung.

0 komentar:

Posting Komentar